f

Selasa, 12 Februari 2013

Tomat Kalengan Tak Boleh Terlalu Sering Dikonsumsi

thumbnail


Buah tomat yang merah bulat ini mengandung banyak nutrisi. Gampang diolah menjadi beragam hidangan. Karena banyak digunakan untuk keperluan memasak, tomat olahan yang praktis banyak tersedia. Seperti saus tomat dan pure tomat.

Tomat diketahui rendah sodium, lemak jenuh dan kolesterol. Karena itu tomat bisa disebut sebagai makanan sehat dan praktis. Di negara Afrika buah ini sangat digemari bahkan banyak dari mereka yang membuat persediaan tomat di rumah.

Ada dua jenis tomat olahan yang paling populer digunakan untuk bahan masakan. Selain tomat segar ada juga pure tomat dan saus tomat. Produk olahan ini banyak tersedia dalam bentuk kaleng, botol plastik ataupun kaca..

Meskipun tomat yang sudah diolah semakin banyak untuk dikonsumsi, namun perlu waspada dengan tomat yang dikemas kaleng. Pasalnya bahan kimia yang digunakan untuk membuat kalengnya diketahui mengandung Bisphenol-A.

BPA atau Bisphenol-A merupakan senyawa kimia yang tidak mudah larut dalam air. Bahkan jenis bahan kimia yang satu ini dapat memperburuk kesehatan. Seperti dapat menyebabkan kelainan reproduksi, penyakit jantung, diabetes, kanker dan gangguan fungsi otak. Karena dianjurkan untuk tidak terlalu sering mengonsumsi tomat dalam kemasan kaleng.

Namun bukan berarti Anda tidak bisa menikmati olahan tomat yang asam segar ini. Anda bisa membeli saus tomat yang dijual dalam botol kaca. Jika ragu Andapun bisa membuat pure tomat atau saus tomat di rumah.

Ditulis Oleh : Unknown // 18.57
Kategori:

0 komentar:

Pengikut